Senin, 10 Oktober 2011

ART dan Majikan

Masalah ART sebelum saya menikah dan punya anak pun, sudah saya alami. Sewaktu di rumah orangtua, ART yang tidak kembali atau ART yang hanya bbrp saat, pun saya alami.

Tapi sepertinya tata krama dan sopan santun ART skrg tidak ada. Bahkan saya sempat berpikir kenapa yang diekspos media selalu penderitaan ART. Padahal pada kenyataan saya sebagai majikan yang mengaji pun mengalami penderitaan dan kerugian materi dan non materi.

Bulan September 2011, Pengasuh anak saya memutuskan untuk tidak kembali setalah 2 thn lebih bekerja mengasuh Janet. Saya tidak masalah, karena saya pikir alasan tidak kembali, masih masuk akal, ibunya sakit tua.

Mulailah saya mencari sana sini dari ujung ke ujung. Semua org saya minta "titipkan" ART. Hingga pada satu hari, dua orang yg saya minta bantuan, memberikan dua ART. Saya pun menyambut senang, meski dari usia yg agak keberatan, tapi tidak apalah, yg penting ada yg jaga anak dan kasih makan. kalau soal cuci gosok dll, saya masih sanggup mengerjakan sebelum kerja. ART yang satu lagi, saya berikan ke orangtua saya.

Hari pun berjalan, hingga tepat hari ke 7, art di rumah minta pulang. Walah, masalah baru muncul. Sudah saya coba tanyakan kenapa pulang dan segalanya, tapi sepertinya usaha saya sia sia, dia tetap mau pulang. OK lah, tidak masalah karena saya malas berdebat.

AKhirnya saya menghubungi bapak si mba tsb untuk dijemput hari minggu, jam7 pagi. Dan ternyata jam5 pagi, bapaknya sudah datang. WOW kepala saya langsung muter alias pusink, busyettt pagi banget dan ini hari minggu, hari dimana agenda saya bangun jam6. Tapi sekali lagi saya mengalah, akhirnya si mba nya pulang jam5 pagi. Karenapa kepala saya sudah pusing saya mencuci baju saya. Tapi rasanya hari itu....sungguh bad mood. Kerugian materi, uang transport+uang saku 1 minggu. Kerugian non materi, kepala saya pusing diganggu jam5 pagi :(

Hari itu juga, saya langsung memutar otak, harus mencari pengganti, ART PP pun tidak masalah. Sambil mencari saya curhat dengan sobat saya, ibu desi tamara sari. lumayan meski pusing tapi masih cekak cekikik mentertawakan nasib karena ulah ART.

Malam itu, saya langsung dapat ART PP, datang jam8 pulang jam5sore. Ya setidaknya saya terbantu untuk menjaga janet. Hari pertama kerja lumayan, meski tidak telaten memberikan makan dan mengajak anak saya keluar main sambil main, hal yang tidak pernah saya lakukan selama dua tahun usia Janet. Hari kedua, ART tsb sudah berani meminjam uang dengan alasan krn bayar kontrakan. OK lah saya pikir, tapi saya tidak memberikan 100%, hanya 80% dari jumlah yg ingin dia pinjamkan. Tugas ART tsb, cuci gosok, kasih makan janet, mandiin Janet. Saya sebelum kerja sudah memasak untuk anak saya. Setiap sore uang ojek saya kasih, sabtu minggu libur.

Hari ketiga, ke empat dan hingga hari ke 7, lumayanlah...meski anak saya jd tidak teratur jam makan, jam buah dan sering keluar rumah, tapi mau gimana ya?
Dan hari ke delepan, ART kembali meminjam uang dengan alasan untuk bayar listirk. Maaf untuk kali ini saya tdk meminjamkan karena saya sudah mencium gelagat kebiasaan buruk nih kalau di iyakan utang trs.

Hari kesembilan, saya memecat ART tsb, karena berani meminjam uang pada mertua saya dan mengatakan saya tidak memberikan uang. Kejadian pagi, sebelum saya berangkat kerja, hal yang sungguh menyebalkan, pagi dan bermasalah. Tanpa a, i, u, e, o saya pun langsung meminta dia berhenti. Kebiasaan, ngutang bisa bisa utang lebih besar daripada gaji. Dan bisa bisa kalau kepepet, barang dirumah ludes. Selesai dan saya berangkat kerja dengan kepala berkunang2.
Kerugian non materi dan materi pasti ada. uang jasa cari ART, utang yg tdk kembali dan non materi kepala saya yang mau pecah.

Untung di rumah mertua, masih ada mpok yg PP...yg memang sudah bertahun tahun bekerja sama. Dari si mpok, saya mendapatkan info ada mpok2 yg mau kerja dan menginap. Okelah...setidaknya terbantu (lagi). Pertama kali masuk ke rumah mertua, dia langsung jujur mengatakan "saya tidak bisa naik turun tangga" Gubrak!!! tanpa komentar panjang saya hanya menunggu waktu dan benar saja, si mpok itu hanya tahan 1 hari .

WOW...jadi saya tidak salah kan, kalau meminta uu untuk majikan???
Dan saya pun memutuskan sampai hati luka ini sembuh baru saya mencari pengasuh buat anak saya. So, skrg kesibukan saya bertambah, menjadi MBOK di pagi hari, mencuci, beberes kamar, masak. Untung suami membantu untuk memandikan anak dan untung saya memiliki kantor yang cukup toleransi jam9 di kantor. Utang 1 jam kerja.

Saya pun harus pulang on time mengejar waktu menyuapi anak sendiri. Dan setelah saya runut, di bulan September itu kejadian selalu di hari minggu.

Meski begitu, saya bersyukur, saya mencuci baju anak sendiri, sehingga baju terlihat bersih, belajar masak, dan tentu saja lebih dekat dengan anak meskipun badan remuk redam dan sering emosi jiwa sama suami :)
ART..kau datang dan pergi sesuka hatimuuuuuuuu...menyebalkan!!!!
Itu cerita saya tentang ART bagaimana cerita mu...xixixixi

2 komentar:

  1. Crita ajaib yg yulius dipitnah blm tuh? Kakakakak...embeeeer art emang bikin pegel, kmrn gw ditawarin yg nginep sm om gw. Tp lgsg gw tolak, kan gw ud ada yg pp. Biarin dah mending rempong dikit drpd gw bernasib sm kyk dirimu. Kl dia gag betah, rugi bandar dah gw...

    BalasHapus
  2. hahahaha kalau itu cukup kitah aja yang tau ya

    BalasHapus